20 Film Hiburan Indonesia Terbaik di Sepanjang Masa

fotoramio-27-279d33dcf26b8daf5cc11924916b444b-96bceab4cae9ad1644d89bafb80bb3ef_600x400

Banyak film yang menawarkan berbagai macam genre mulai dari komedi, romatis, hingga horor yang tidak kalah dengan film luar. Ada juga film yang menyangkut isu sosial dan keluarga sebagai cerita yang menyentuh hati.

Berikut beberapa film Indonesia terbaik di sepanjang masa yang mendapat pujian banyak penonton mulai dari cerita, visual hingga adegan yang mengagumkan.

Film Indonesia Terbaik Genre Romantis dan Keluarga

1. Habibie Ainun

  • Pemain Utama : Reza Rahardian, Bunga Citra Lestari
  • Jumlah Penonton di bioskop : 4.601.249 penonton

Film Habibie dan Ainun menceritakan kisah inspiratif dari Rudy Habibie dengan Hasri Ainun. Seorang ahli pesawat terbang dan dokter muda cerdas pertama kali pada tahun 1962 di Bandung. Film ini mengisahkan visi dan mimpi besar kepada Indonesia di berbagai rintangan dan tantangan yang harus mereka hadapi di Jerman hingga akhirnya kembali di Indonesia.

2. Dilan 1990

  • Pemain Utama : Iqbaal Ramadhan, Vanesha Prescilla
  • Jumlah Penonton di bioskop : 6.315.664 penonton

Film ini diadaptasi dari novel judul yang sama karya Pidi Baiq tentang kisah seorang perempuan bernama Milea baru pindah ke Bandung. Saat datang ke sekolah baru, Milea tidak sengaja bertemu dengan Dilan, Ketua geng motor. Dilan meramal Milea akan menjadi pacarnya dan akan bersedia naik motor bersamanya. Kisah cinta remaja sangat digemari penonton dengan kata-kata terkenalnya “Rindu. Ini berat. Kau tak akan kuat. Biar aku saja,”

3. Ada Apa dengan Cinta

  • Pemain Utama : Dian Sastrowardoyo, Nicholas Saputra
  • Jumlah Penonton di bioskop : 3.665.509 penonton

Film ini dirilis pada tahun 2002 menceritakan seorang perempuan bernama Cinta yang akan bertunangan dengan kekasihnya, Trian. Lalu Cinta tidak sengaja ertemu dengan Rangga. Mereka akhirnya terjebak perasaan yang penuh drama, ketidakpastian, dan kebingunan akan perasaan mereka.

4. Ayat-ayat Cinta

  • Pemain Utama : Fedi Nuril, Rianti Cartwright, Carissa Putri, Zaskia Adya Mecca
  • Jumlah Penonton di bioskop : 3.676.135 penonton

Film ini menceritakan seorang mahasiswa asal Indonesia yang bernama Fahri bin Abdullah berkuliah di Al-Azhar Mesir yang akan menghadapi berbagai kesulitan hidup di negara asing, kisah cintanya yang rumit, dan beberapa wanita yang menyukainya juga turut menggugah film. Fahri yang sangat cinta pada agama Islam juga berpengaruh pada kisah pernikahannya sehingga banyak kegundahan dan keputusan yang membuat harus menghadapi kesulitan dalam meraih impian.

5. Dilan 1991

  • Pemain Utama : Iqbaal Ramadhan, Vanesha Prescilla
  • Jumlah Penonton di bioskop : 5.253.411 penonton

Film ini merupakan film lanjutan dari Dilan 1990 yang menceritakan kisah Dilan dan Milea setelah resmi berpacaran. Tetapi hubungan mereka semakinn rumit hingga ada cerita tentang Dilan yang harus berkelahi dan terancam dikeluarkan dari sekolah. Hubungan mereka juga terancam berakhir akibat dari perkelahian tersebut.

6. Ayat-ayat Cinta 2

  • Pemain Utama : Fedi Nuril, Tatjana Saphira, Chelsea Islan, Dewi Sandra
  • Jumlah Penonton di bioskop : 2.840.159 penonton

Film ini lanjutan dari Ayat-ayat Cinta yang menceritakan tentang Fahri Abdullah setelah kehilangan istrinya, Aisha. Fahri kerap menghadapi persoalan dengan tetangganya yang menganggap dirinya sebagai teroris. Kehidupannya semakin rumit saat hadirnya sepupu istrinya, Hulya yang bersedia menggantikan peran sebagai sang istri.

7. Imperfect

  • Pemain Utama : Jessica Mila, Reza Rahadian
  • Jumlah Penonton di bioskop : 2.840.159 penonton

Film ini mengisahkan tentang seseorang bernama Rara yang memiliki fisik yang kerap kali dirundung, dicela, oleh orang-orang sekitar. Terutama karena ia memiliki fisik yang berbeda dengan adiknya, Lulu.

Rara memiliki kebaikan hati dan sering membantu mengajar anak-anak jalanan. Rara memiliki kekasih bernama Dika yang mencintai dirinya apa adanya. Berbeda dengan adiknya, Lulu yang menjalin hubungan dengan George ternyata hanya untuk mencari popularitas belaka.

8. Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang

  • Pemain Utama : Sheila Dara Aisha, Jerome Kurnia, Lutesha, Rio Dewanto, Rachel Amanda, Ganindra Bimo
  • Jumlah Penonton di bioskop : 850.000 penonton

Film ini menceritakan kehidupan keluarga dimana seorang anak tengah bernama Aurora yang harus berjuang di kota London untuk meraih mimpinya. Disisi lain, Aurora juga menemukan kekasih bernama Jem hingga Ia menghadapi kesulitan dan meninggalkan kuliah serta mimpinya. Hingga ia harus tinggal bersama temannya bernama Honey dan Kit.

BACA JUGA : Perkembangan Musik Tanah Air (Nusantara)

Film Indonesia Terbaik Genre Horor

9. KKN di Desa Penari

  • Pemain Utama : Tissa Biani, Adinda Thomas, dan Achmad Megantara
  • Jumlah Penonton di bioskop : 10.061.033 penonton

Film ini menceritakan kisah 6 orang mahasiswa Nur, Widya, Ayu, Bima, Anton, dan Wahyu saat melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) di sebuah desa terpencil yang dipilih mereka tanpa mengetahui bahwa desa tersebut menyimpan misteri yang tidak biasa. Mereka sudah diingatkan oleh kepala desa, Pak Prabu, untuk tidak melewati batas gapura terlarang. Saat tinggal di desa beberapa hari, mulai merasakan keanehan dan mucul sosok penari misterius mulai meneror mereka.

10. Sewu Dino

  • Pemain Utama : Mikha Tambayong, Gisellma Firmansyah, Rio Dewanto, Marthino Lio, Givina Lukita Dewi
  • Jumlah Penonton di bioskop : 3.000.000 penonton

Film ini menceritakan seorang Sri menghadapi kesulitan ekonomi, lalu mendapatkan pekerjaan di keluarga Atmodjo.Sri memiliki keunikan lahir di hari Jumat Kliwon. Sri dan 2 rekannya bertugas untuk merawat Della Atmodjo cucu dari Karsa Atmodjo yang terkena kutukan Sewu Dino dan tidak sadarkan diri. Mereka harus menyelesaikan ritual hingga hari ke 1000 tanpa melarikan diri dari gubuk tersebut.

11. Pengabdi Setan 2

  • Pemain Utama : Tara Basro, Endy Arfian, Nasar Anuz, dan Bront Palarae
  • Jumlah Penonton di bioskop : 6.391.982 penonton

Film ini menceritakan seorang Heru Kusuma meminta Budiman  Syailendra untuk meliput penemuan puluhan mayat dengan posisi bersujud pada gambar bertuliskan Raminom di Observatorium Bosscha pada tahun 1955. Lalu pada tahun 19844, Rini sekeluarganya menetap dirumah susun milik pemerintah di Jakarta Utara dan terjadi kecelakaan lift yang menewaskan beberapa orang.

Kisah ini mulai muncul saat Rini bisa mendengar dan melihat arwah ketiga teman Wina, Budiman, dan Heru.

12. Waktu Magrib

  • Pemain Utama : Ali Fikry, Bima Sena, Nafiza Fatia Rani
  • Jumlah Penonton di bioskop : 2.033.739 penonton

Film ini menceritakan Adi dan Saman yang sering terlambat masuk sekolah karena harus membantu keluarga mereka di ladang. dan sering dihukum oleh Bu Woro. Mereka menyumpahi Bu Woro meninggal secara tragis. Setelah itu, mereka mengalami teror dari makhluk halus berseragam guru yang menyeramkan.

13. Pengabdi Setan

  • Pemain Utama : Tara Basro, Endy Arfian, Adhiyat, dan Bront Palarae
  • Jumlah Penonton di bioskop : 4.206.103 penonton

Film ini berlatar belakang tahun 1981, menceritakan Rini yang tinggal di rumah nenek di Jakarta ini mengalami kesuliatan biaya untuk pengobatan ibunya. Hingga ibunda Rini meninggal. Keluarga Rini diperkenalkan dirinya dengan ustaz an putra saat di permakaman. Tidak lama kemudian mereka diteror hantu sang ibunda. Teman neneknya memberitahukan Rini bahwa ibunda pernah menjadi anggota sekte pemuja setan dan kisah tersebut berlanjut menegangkan.

14. Suzzana: Bernapas dalam Kubur

  • Pemain Utama : Luna Maya, Herjunot Ali, Cliff Sangra
  • Jumlah Penonton di bioskop : 3.346.185 penonton

Film ini mengisahkan tentang sosok Suzzana dan suaminya telah menikah selama 5 tahun tetapi belum memiliki anak. Saat Suzzana hamil besar, suaminya pergi dinas keluar negeri. Suatu hari karyawan Satria datang merampok rumahnya dan terjadi pembunuhan hingga akhirnya Suzzana dikubur di belakang rumah. Tetapi, Suzzana beraktifitas seperti biasa seakan tidak terjadi pembunuhan.

Film Indonesia Terbaik Komedi

15. Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1

  • Pemain Utama : Abimana Aryasatya, Vino Bastian dan Tora Sudiro
  • Jumlah Penonton di bioskop : 6.858.616 penonton

Film ini bercerita tentang 3 sahabat yang bekerja sebagai petugas CHIIPS. Mereka bertiga kerap bertingkah lucu dan membuat bosa marah. Mereka mengalami banyak masalah yang dijatuhi denda sebesar 8 miliar sehingga berniat meminjam uang ke paman Dono. Kisah mereka dengan berburu harta karun di negeri lain.

16. Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 2

  • Pemain Utama : Abimana Aryasatya, Vino Bastian dan Tora Sudiro
  • Jumlah Penonton di bioskop : 4.083.190 penonton

Film ini lanjutan dari part 1 menceritakan kisah 4 sahabat, Dono, Kasino, Indro, dan Sophie, mencari perempuan berbaju merah untuk menemukan harta karun bernama Nadia. Nadia adalah peneliti dari Lab Arann Universitas Putra Malaysia, tetapi mereka menjadi kelinci percobaan seorang peneliti. Kisah berlanjut berbagai misi untuk lari dan mencari harta karun.

17. My Stupid Boss

  • Pemain Utama : Reza Rahadian, Bunga Citra Lestari
  • Jumlah Penonton di bioskop : 3.052.657 penonton

Film ini mengisahkan dari sebuah novel dengan judul My Stupid Boss karya Chaos tentang karyawan bernama Diana yang tinggal di Kuala Lumpur bersama suaminya, Dika.

Diana bekerja di perusahaan yang bosnya merupakan temannya kuliah Dika saat di Amerika. Hubungan Diana dan bossnya tidak biasa apalagi saat bosnya berubah menjadi sosok yang menyebalkan.

18. Susah Sinyal

  • Pemain Utama : Adinia Wirasti, Ernest Prakasa, Aurora Ribero, Refal Hady, Valerie Thomas
  • Jumlah Penonton di bioskop : 2.172.512 penonton

Film ini menceritakan seorang Ibu tunggal yang sukses sebagai pengacara di Jakarta bernama Ellen. Tetapi jarang meluangkan waktu untuk anaknya bernama Kiara.

Ibunda Ellen yang paling dekat dengan Kiara menyarankan mereka berlibur di Sumba. Akhirnya mereka pergi ke Sumba dan melakukan pendekatan ibu dan anak.

19. Cek Toko Sebelah

  • Pemain Utama : Ernest Prakasa, Dion Wiyoko, Chew Kinwah, Adinia Wirasti, Gisella Anastasia
  • Jumlah Penonton di bioskop : 2.642.957 penonton

Film ini mengisahkan seorang Erwin sukses di usia muda dengan kekasihnya Natalie. Tetapi ia mendapati dirinya dalam situasi pelik ketika kesehatan Koh Afuk sang ayah semakin memburuk. Sang ayah ingin mewariskan toko sembako pada Erwin sebagai anak kesayangannya.

20. Ngeri-ngeri Sedap

  • Pemain Utama : Arswendy Beningswara Nasution, Tika Panggabean, Boris Bokir Manullang
  • Jumlah Penonton di bioskop : 2.886.121 penonton

Film ini menceritakan pasangan Pak Domu dan Mak Domu memiliki 4 anak. Saat anak-anaknya pulang untuk acara syukuran namun terhalan sebagai masalah. Hingga akhirnya Pak Domu dan Mak Domu memutuskan untuk berpura-pura bercerai.

Artikel yang Direkomendasikan

error: Content is protected !!