9 Tokoh Musisi Terpopuler di Dunia

tokoh musisi

Musik klasik dikenal sebagai musik yang dituli dalam tradisi musik Barat, yang menggambarkan kombinasi intrumen, melodi dan harmoni

Berikut 9 tokoh musisi terpupuler di dunia :

1. Ludwig Van Beethoven (1770-1827)

Ludwig Van Beethoven adalah seorang komponis klasik dari Jerman yang menciptakan musik dramatis dan menarik. Karyanya yang terkenal adalah “Simfoni kelima dan kesembilan”, dan lagu piano “Fur Elise”. Ludwig Van Beethoven dipandang dalam masa zaman klasik dan zaman romantik. Semasa muda, Ludwig Van Beethoven adalah pianis yang berbakat dan populer di antara orang-orang penting dan kaya di Wina, Austria, tempat tinggalnya. Pada Tahun 1801, Ludwig Van Beethoven mulai kehilangan pendengarannya. Ketuliannya semakin parah dan pada 1817 Ludwig Van Beethoven menjadi tuli sepenuhnya. Meskipun ia tidak lagi bisa bermain dalam konser, ia terus menciptakan musik dan pada masa ini menciptakan sebagian karya-karyanya yang terbesar. Ludwig Van Beethoven menjalani sisa hidupnya di Wina dan tidak pernah menikah.

2. Wolfgang Amadeus Mozart (1756-1791)

Wolfgang Amadeus Mozart yang bernama asli Johannes Chrysostomus Wolfgangus Gottlieb Mozart adalah seorang komponis yang berpengaruh pada zaman kalsik. Mozart dianggap sebagai salah satu dari komponis musik klasik yang terpenting dan paling terkenal dalam sejarah musik karena keindahan melodi, keanggunan formalnya, serta kekayaan harmoni dan teksturnya. Karya-karyanya secara luas diakui sebagai puncak kara musik simfoni, musik kamar, musik piano, musik opera, dan musik panduan suara. Contoh karyanya adalah opera Don Giovanni dan Die Zauberflote. Wolfgang Amadeus Mozart menunjukkan kejeniusannya dalam bermusik saat ia masih muda. Kemudian ia dapat menghasilkan simfoni dengan beberapa nada yang dipilih secara acak dari tuts piano. Ia telah menulis lebih dari 600 komposisi musik, termasuk 41 simfoni dan opera seperti The Magic Flute dan The Marriage of Figaro. Wolfgang Amadeus Mozart menulis simfoni pertamanya saat baru berusia 8 tahun.

3. Jimi Hendrik (1942-1970)

Nama asli Jimi Hendrik adalah Jhonny Allen Hendrix yang lahir pada tanggal 27 november 1942 di Seattle, Washington, Amerika Serikat. Namanya kemudian diganti oleh kedua orangtuanya menjadi James Marshall Hendrix yang lebih dikenal dengan Jimi Hendrik. Ia adalah musisi, penyanyi, pemulis lagu, gitaris dan tokoh budaya Amerika. Jimi Hendrik sering disebut  sebagai salah satu pemain gitar listrik yang paling berpengaruh dalam sejarah musik rock. Dia dapat memainkan gitar dengan tangan kanan atau tangan kiri. Meskipun masa ketenarannya hanya berjalan 4 tahun, Jimi Hendrik telah menjadi salah satu gitaris legendaris yang berpengaruh dalam sejarah musk populer.

4. Ravi Shankar (1920 – 2012)

Ravi Shankar adalah seorang komposer india yang terkenal karena kepiawaiannya memainkan sitar. Musiknya dikagumi oleh The Beatles dan Yehudi Mennin. Ravi Shankar adalah murid dari Allauddin Khan, Pandit. Ravi Shankar adalah seorang intrumentalis india yang terkenal dengan karya yang membawa kekuata dan pesona musik klasik tradisi India ke Dunia Barat. Kerjasamanya dengan The Beatles khususnya George Harisson dan juga karena karisma pribadinya sendiri. Selama lebih dari 6 dekade dan Ravi Shankar baru- baru ini memegang rekor guinness untuk karir internasional terlama.

5. Yehudi Menuhin (1916-1999)

Yehudi Menuhin menjadi terkenal sebagai pemain biola (violin) berbakat kelahiran di New York, Amerika Serikat. Ia mempertunjukkan konser biola pertamanya di hadapan publik di usia 7 tahun. Ia juga memimpin orkestra dan mengadakan festival musik. Tahun 1963, ia mendirikan sekolah musik di inggris untuk anak-anak berbakat. Ia pindah ke inggris tahun 1959 dan tinggal disana hingga diakhir hayat pada berusia 82 tahun dai Martin Luther Hospital di Berlin.

6. George Gershwin (1898-1937)

George Gershwin adalah komponis dan penulis lagu asal Amerika Serikat memadukan gaya klasik dengan musik jazz dan blues. Ia menulis Rhapsody in Blue dan opera Porgy dan Bess. Hampir seluruh karyanya diciptakan bersama kakak laki-laki tertuanya, penulisnya lirik Ira Gershwin. George Gershwin menulis karta musik teater Broadway dan gedung konser musik klasik di Eropa dan juga sukse sebagai penulis lagi pop.

7. Heitor Villa Lobos (1887-1959)

Heitor Villa Lobos adalah seorang komponis besar di Amerika Latin sebagai musik klasik yang menggunakan melodi dan ritme Brasil dengan pengaruh Afrika untuk menciptakan musik gaya baruyang indah. Dia belajar musik dari ayahnya, seorang pemusik amatir. Pada tahun 1899, saat ayahnya meninggal dunia, Heitor Villa Lobos sudah menjadi seorang oemusik profesional. Dia mencari nafkah sebagai pemusik di kafe, memainkan cello.

8. Johann Sebastian Bach (1685-1750)

Johann Sebastian Bach asalah seorang kompois dan organis Jerman zaman Barok sebagai mengubah musik untuk alat musik organ, harpsichord dan clavichord, dan juga untuk orkestra. Johann Sebastian Bach telah mengubah lebih dari 1000 lagu. Karyanya yang paling terkenal adalah Brandenburg concerto dan lagu gereja Mass in B minor.

9. Bob Marley (1945-1981)

Robert Nesta Marley atau dikenal sebagai Bob Marley adalah seorang penyanyi, pencipta lagu, dan musisi reggae berkebangsaan Jamaik pada tahun 1962. ia menikah dengan Rita Marle dan memiliki 13 orang anak. Karya pertamannya adalah The Wailing Wailers dirilis tahun 1965 bersama The Wailers. Pada tahun 1974, lagu No Woman No Cry dikenal di Jamaika dan negara Amerika. Pada 1977, ia mengindap penyakit kanker. Tahun 1980, Bob Marley pingsan saat jogging di New York dan meninggi di tahun 1981 setelah mengalami kanker dalam 4 tahun terakhir. Ia meninggalkan seorang istri dan 13 orang anak.

Artikel yang Direkomendasikan

error: Content is protected !!