Perkembangan Musik Tanah Air (Nusantara)

image_870x580_64b6a85070d60

Musik Tanah Air (Nusantara)

Musik Tanah Air (Nusantara) merupakan seluruh musik di Nusantara yagn menunjukkan ciri keindonesiaan, baik dalam bahasa maupun gaya meodinya yang  terdiri dari musik tradisi daerah, musik keroncong, musik dangdut, musik gambus, musik perjuangan, dan musik pop.

Sejarah Musik Tanah Air (Nusantara)

  • Masa sebelum masuknya pengaruh Hindu-Buddha

Musik digunakan sebagai bagian dari kegiatan ritual masyarakat pada masa ini. Bunyi yang di hasilkan oleh anggota badan atau alat tertantu yang berasal dari alam sekitar dalam kelompok di yakini memiliki kekuatan magis.

  • Masa setelah masuknya pengaruh Hindu- Buddha

Berkembanglah musik-musik istana khususnya di Jawa pada masa ini musik tidak hanya dipakai sebagai ritual, tetapi juga kegiatan-kegiatan keistanaan sebagai sarana hiburan para tamu raja. Musik Gamelan adalah salah satunya musik istana yang berkembang. Musik Gamelan terdiri dari 5 kelompok yaitu Balungan, Blimbingan, Pencon, Kendang, dan kelompok pelengkap.

  • Masa setelah masuknya pengaruh Islam

Bangsa Barat ke Indonesia membawa pengaruh besar dalam perkembangan musik Indonesia yang memperkenalkan sebagai alat musik dari negara mereka misalnya Biola., Cello, Gitar, Seruling dan Ukulele. Masa-masa perkembangan musik modern Indonesia, para musisi Indonesia menciptakan musik keroncong merupakan panduan musik barat dan musik Indonesia.

  • Masa Kini

Pada masa kini, masuk berbagai jenis musik barat seperti pop, jazz, blues, rock, dan R&B. Musik-musik dari negeri India yang banyak dibawa melalui film-filmnya. Dari perkembangan ini terjadi perpanduan antara musik asing dengan musik Indonesia. Musik India mengalami panduan musik melayu dan menciptakan musik dangdut yang beraliran pop, jazz, blues, rock, dan R&B. Musik Etnis merupakan jenis musik yang berkembang mamandu unsur kedaerahan Indonesia dengan musik barat.

Fungsi Musik Tanah Air (Nusantara)

Fungsi musik tanah air (Nusantara) sebagai sarana upacara ritual, media hiburan, media ekspresi diri, media komunikasi, pengiring tari, dan sarana ekonomi.

  • Sarana Upacara Budaya (Ritual)

Musik di Indonesia berkaitan dengan upacara kematian, perkawinan, kelahiram dan keagamaan. Bunyi yang dihasilkan di beberapa daerah oleh instrumen atau alat tertentu memilik kekuatan magis. Instrumen ini dipakai sebagai sarana kegiatan adat masyarakat.

  • Sarana Hiburan

Musik merupakan salah satu cara menghilangkan kejenuhan akibat rutinitas harian, serta sebagai sarana rekreasi dan ajang pertemuan dengan warga lainnya. Jika ada pertunjukkan musik daerah, akan mendatangi tempat pertunjukkan untuk menonton.

  • Sarana Ekspresi Diri

Musik adalah media untuk mengekspresikan diri mereka. Mereka mengaktualisasikan potensi dirinya melalui musik untuk mengungkapkan perasaan, pikiran, gagasan, dan cita-cita tentang diri, masyarakat, Tuhan, dan dunia.

  • Sarana Komunikasi

Bunyi-bunyi tertentu di beberapa tempat Indonesia memiliki pola ritme dan tanda suatu peristiwa atau kegiatan bagi anggota masyarakat. Alat yang digunakan dalam masyarakat Indonesia adalah kentongan, bedug di masjid, dan lonceng di gereja.

  • Pengiring Tarian

Musik diciptakan untuk mengiringi tarian-tarian daerah. Kebanyakkan tarian daerah di Indonesia hanya bisa diiringi oleh musik daerahnya sendiri. Selain musik daerah, musik-musik pop dan dangdut juga dipakai untuk mengiringi tarian-tarian modern seperti dansa, poco-poco, dan lain sebagainya.

  • Sarana Ekonomi

Musik juga berfungsi sebagai penghasilan. Merekam hasil karya mereka dalam bentuk pita kaset serta menjualnya ke pasaran. Dari hasil penjualannya mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Para musisi juga melakukan pertunjukkan yang di pungut biaya.

BACA JUGA : 12 Lagu Barat Terbaru dan Terpopuler untuk Temani Hari 2024

Ragam Musik Tanah Air (Nusantara)

Ragam Musik Tanah Air (Nusantara) dibedakan atas musik tradisional, keroncong, dangdut, perjuangan, dan pop.

  • Musik Tanah Air Daerah/Tradisional

Musik Tradisional adalah musik yang lahir dan berkembang di daerah-daerah seluruh Indonesia. Musik ini memiliki ciri khas yaitu syair dan melodinya menggunakan bahasa dan gaya daerah setempat. Keunikkan musik tradisional dilihat dari teknik permainannya, penyajiannya maupun bentuk instrumen musiknya. Seni tradisi memiliki beberapa kelompok yaitu alat musik/instrumen perkusi, petik, gesek, dan tiup.

Instrumen Musik Perkusi

– Perkusi
– Gamelan
– Talempong
– Kolintang atau kulintang
– Arumba
– Kendang

Instrumen Musik Petik

– Kecapi
– Sasando
– Sampek (sampe/sapek)

Instrumen Musik Gesek

– Rebab

Instrumen Musik Tiup

– Suling
– Tarompet, serompet, selompret
  • Musik Tanah Air Keroncong

Musik Keroncong memiliki harmoni musik dan perkembangan sangat terbatas yang lagu-lagunya memiliki bentuk dan susunannya sama. Syair-syair terdiri beberapa kalimat yang diselingi dengan permainan alat musik.

  • Musik Tanah Air Dangdut

Musik Dangdut merupakan hasil paduan antara musik India dan Melayu, yang berkembang dan menampilkan ciri khas dan berbeda dengan musik akarnya. Ciri khas pada pukulan alat musik tabla. Lagunya mudah dicerna sehingga tidak susah untuk diterima masyarakat.

  • Musik Tanah Air Perjuangan

Musik ini terbentuk dari kondisi masyarakat Indonesia yang sedang terjajah oleh bangsa asing. Dengan menggunakan musik ini, para pejuang berusaha mengorbankan demi tanah air semangat persatuan untuk bangkit melawan penjajah.

  • Musik Tanah Air Populer (pop)

Musik ini memiliki ciri pengguna ritme yang mengutamakan drum dan gitar bass. Para musisi menambahkan berbagai varian gaya yang beraneka ragam untuk menambah daya tarik dan penghayatan pendengar atau penonton. Musik pop dibedakan menjadi musik pop anak-anak dan musik pop dewasa.

Kesimpulan

Musik Tanah Air (nusantara) adalah seluruh musik yang berkembang di Nusantara menunjukkan ciri Indonesia yang memiliki fungsi sebagai sarana ritual, media hiburan, ekpresikan diri, komunikasi, pengiring tari, dan ekonomi. Ragam musik nusantara berkembang dalam bentuk musik tradisi, keroncong, dangdut, perjuangan, dan pop.

Artikel yang Direkomendasikan

error: Content is protected !!